Cara Install dan Setting XAMPP di Ubuntu 14.04/15.04

MTS CYBER ARMY - Pada hari ini saya akan mengeshare trik yang baru buat kalian yang belum tahu :D, yakni "Cara Install dan Setting XAMPP di Ubuntu 14.04/15.04". Mungkin bagi yang sudah pernah menginstall aplikasi terkenal ini dan bingung bagaimana si cara setting XAMPP di OS saya. Nah kebetulan saya tahu bagaimana memecahkan masalah itu, marilah kita membaca dan memahami jangan bermalas-malasan untuk mencari hal yang baru.


Sebelum masuk ke tutorial, kita pahami dulu apa si itu XAMPP?
XAMPP adalah sebuah software local yang di buat untuk belajar membuat web dan sejenisnya.
Karena XAMPP bersifat lokal jadi dia tidak perlu membutuhkan koneksi untuk belajar, dan ini adalah simulias web server lokal, istilah katanya adalah pelatihan web di server komputer kita sendiri. XAMPP sendiri memiliki beberapa versi seperti XAMPP Versi Windows, MacOSX, dan Linux. Untuk Linux sendiri XAMPP adalah LAMPP.

  • Nah kita masuk ke Tutorial Install XAMPP di ubuntu. Installasi ini tidak berbeda jauh dengan cara install di Windows. Namun disini kita memakai Terminal untuk menjalankan Install Process

Download XAMPP (32bit dan 64it)

Nah ketika XAMPP sudah di download dari link diatas, mari kita eksekusi:
1. Buka terminal dan ketikkan kode dibawah ini:
sudo chmod +x(namafile).run
sudo ./(namafile).run
2. Lalu akan muncul Mode Grafis, nah pasti disitu kalian sudah paham. Tinggal jalankan saja seperti di windows (Tekan YES/OK).

  • Setelah installasi selesai biasanya XAMPP tersimpan secara default di folder /opt/lampp. kemudian kita Setting XAMPP tersebut, caranya sebagai berikut. Seperti biasa buka Terminal, dan ketikan kembali kode dibawah ini:
sudo -i
cd /opt/lampp
./manager-linux-x64.run (Untuk XAMPP 64bit, carilah file bernama depan Manager di folder LAMPP.

  • Apabila kalian ingin menyetting XAMPP Auto Start (Berjalan Otomatis), kodenya dibawah ini:
1. Kita harus menjalankan XAMPP secara manual dengan perintah dibawah ini:
sudo /opt/lampp/lampp start 
2. Kita setting agar XAMPP berjalan otomatis saat PC/Laptop kita dihidupkan
sudo ln -s /opt/lampp/lampp /etc/init.d/lampp
sudo update-rc.d -f lampp defaults
 Nah kurang lebihnya seperti itu "Cara Install dan Setting XAMPP di Ubuntu 14.04/15.04".  Apabila ada error atau kurang paham pada Tutorial di atas, jangan malu-malu untuk meninggalkan komen di bawah. Mungkin sudah beres saya ngeshare Trik ini, alangkah baiknya saya berpamitan dulu. See you again!! :)

0 komentar:

Post a Comment

 

About Blog

MTS CYBER ARMY - Sebuah komunitas penggila Ilmu Teknologi yang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Dan diluncurkan blog ini adalah agar Semua Orang bisa tahu apa itu Teknologi dan Trik Rahasia dari Teknologi.

Idea Box

Name

Email *

Message *

Visitors