Cara Mengembakan GRUB yang Hilang


Mungkin anda menggunakan dualbot Windows dengan Linux, tapi masalahnya GRUB setelah anda mennginstall OS tersebut, GRUBnya hilang?? nah saya punya "Cara Mengembakan GRUB yang Hilang". Namun sebelum itu kita bahas terlebih dahulu apa itu GRUB, GRUB adalah sebuah program yang berjalan pertama setelah komputer dinyalakan. Disana kita bisa memilih untuk masuk ke sistem operasi apa yang ada di dalam komputer milik kita. Biasanya, GRUB akan hilang jika kita menginstal ulang windows kita. Windows yang tidak mendukung GRUB tentu sangat merepotkan bagi Anda yang dual boot Windows dan Ubuntu (Turunannya).

Untuk mengembalikan GRUB, pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall software bernama EasyBCD. EasyBCD adalah solusi termudah untuk mengembalikan grub ubuntu yang hilang. Download

1. Buka Software EasyBCD tersebut

2. Selanjutnya klik "New Entry"


3. Klik tab Linux/DSB, seperti gambar dibawah: 

4. Setting seperti ini:
  •  Pilihan pertama: GRUB
  • Kedua: Ubuntu (Nama OS Linux yang di dualbot)
  • Ketiga: Masukkan drive partisi Root Ubuntu anda berada. Disini jika anda salah memasukkan tempat drive maka gagal!
Jika sudah selesai, klik "Add Entry"



Selesai... GRUB anda sudah kembali! Wokeh sampai disini saja, untuk Ilmu-ilmu LINUX lainnya menyusul, silahkan mencoba dan semoga berhasil... Jangan lupa dukung Indonesia sebagai pengguna Open Source terbesar di Dunia denga menggunakan #GoIndonesianOpenSource di semua akun SocMed anda.

0 komentar:

Post a Comment

 

About Blog

MTS CYBER ARMY - Sebuah komunitas penggila Ilmu Teknologi yang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Dan diluncurkan blog ini adalah agar Semua Orang bisa tahu apa itu Teknologi dan Trik Rahasia dari Teknologi.

Idea Box

Name

Email *

Message *

Visitors